HAVRUTA: KAJIAN TEOLOGIS DAN PEDAGOGIS TENTANG PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Kata Kunci:
Havruta, pembelajaran kolaboratif, pendidikan teologi, pedagogiAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi Havruta, sebuah metode pembelajaran dialogis yang berakar pada tradisi intelektual Yahudi, dan relevansinya dengan pendidikan teologi Kristen kontemporer di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis tekstual dan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa Havruta secara efektif meningkatkan pemahaman teologis, keterampilan berpikir kritis, dialog konstruktif, dan pembentukan komunitas pembelajaran partisipatif. Secara teologis, Havruta mewujudkan epistemologi dialogis yang memperlakukan pembelajaran sebagai ruang untuk pertemuan rohani; secara pedagogis, ia mendorong pergeseran dari instruksi hierarkis ke keterlibatan yang egaliter dan reflektif. Studi kasus ini mengungkapkan bahwa mengintegrasikan Havruta ke dalam kelas teologi mendorong pengalaman belajar yang lebih dinamis, kolaboratif, dan berlandaskan konteks. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan Havruta melalui integrasi kurikulum, pelatihan fasilitator, adaptasi digital, dan kontekstualisasi dengan nilai-nilai lokal Indonesia. Havruta disajikan sebagai model pedagogi transformatif yang mampu membentuk pemimpin rohani yang relevan, reflektif, dan dialogis untuk masyarakat pluralistik saat ini.
Referensi
Blumenthal, Sharon Meredith. “Havruta As Modeled Pedagogy: Your People Shall Be My People.” The George Washington University, 2012.
Castellanos-Reyes, Daniela. “Socratic Seminar.” In The Students’ Guide to Learning Design and Research., diedit oleh R. Kimmons dan S. Caskurlu.
Englewood Cliffs, New Jersey: EdTech Books, 2020.
Chung, EunJung, dan Byoung-Hee Lee. “The Effects of a havruta Method on the Self- directed Learning and Learning Motivation.” Journal of Problem-Based Learning 6, no. 1 (2019): 3–9.
Creswell, John W., dan Cheryl N. Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc., 2018.
Duran, Volkan. “Havruta Method: An Ancient Instruction Method in Jewish Tradition.” In The 7th International Congress on Curriculum and Instruction, 373–386. Ankara, Turkey: Ankara University, 2019.
Harianto, G. P., Rusijono, Siti Masitoh, dan W.
H. Setyawan. “Collaborative-cooperative learning model to improve theology students’ characters: Is it efective?” Cakrawala Pendidikan 39, no. 2 (2020):
–421.
Holzer, Elie, dan Orit Kent. A Philosophy of Havruta: Undersatnding and Teaching The art of Text Study in Pairs. Brighton, Massachusetts: Academic Studies Press, 2013.
Karlau, Sensius Amon, Ivo Sastri Rukua, dan Jeffrit Kalprianus Ismail. “Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri
0 Menurut Matius 11:28-30.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 2 (2022): 124–147.
Kent, Orit. “A Theory of Havruta Learning.” Journal of Jewish Education 76, no. 3 (2010): 215–245.
———. “Interactive Text Study and the Co- Construction of Meaning: Havruta in the DeLeT Beit Midrash.” Brandeis University, 2008.
Klomp, M.C.M. “Case Study Research in/as Practical Theology.” Praktische Theologie 57, no. 4 (2022): 203–210.
Krisnawati, Yohana Andreas. “Peran Bergotong Royong dalam Meningkatkan Kerjasama
Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan.” De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2, no. 11
(2022): 436–440.
Manurung, Ribka Ekaristy, dan Jhonnedy K Nauli. “Strategi Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pendidikan Agama Kristen.” TEVUNAH: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2024): 211–225.
Maranatha, Christian Ade. “Penafsiran Alkitab yang Dinamis: Hermeneutika Kontekstual sebagai Pendekatan Multidimensional.” RERUM: Journal of Biblical Practice 4, no. 2 (2024): 138–155.
Marpaung, Agus Marulitua, dan Byung June Hwang. “Theology of Christian education on leading toward spiritual transformation in the frame of religious moderation in digital society context.” KURIOS (Jurnal
“Learning to be Present: How Hevruta Learning can Activate Teachers’ Relationships to Self, Other and Text.” Journal of Jewish Education 75, no. 3 (2009): 216–239.
Ronda, Daniel. “Profesionalisme Pendidik dan Revolusi Mental.” In Prosiding Seminar Nasional PAK II: Profesionalisme dan Revolusi Mental Pendidik Kristen, 21–24, 2017.
Ross, Jameson E. “Bonhoefer’s Ecclesial Hermeneutic The Practice of Biblical Interpretation in 1930s Germany.” University of Durham, 2019.
Sarifah, Nadiatus, dan Mamun Hanif. “Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di Kelas.” JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2025): 50–59.
Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 9, Shargel, Rebecca, dan Barbara P. Laster.
no. 2 (2023): 432–440.
Masinambow, Yornan. “Reorientasi Pendidikan
Kristen Melalui Teologi Persahabatan.”
“Partner Learning (‘Havruta’) for Close Reading Comprehension.” The English Journal 105, no. 3 (2016): 63–68.
EDULEAD: Journal of Christian Simonotti, Edoardo. “Understanding a Lateral
Education and Leadership 4, no. 1 (2023):
–12.
Mooy, Venida Jeliati, Yonatan Alex Arifianto, dan Reni Triposa. “Dampak dan Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Kelompok bagi Siswa SMA dalam Pendidikan Agama Kristen.” Teokristi:Jurnal Teologi Kontekstual dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2024): 46–
Naeem, Muhammad, Wilson Ozuem, Kerry Howell, dan Silvia Ranfagni. “A Step-by- Step Process of Thematic Analysis to
Truth: Paul Ricoeur’s Intercultural Hermeneutics.” Journal of Intercultural Studies 45, no. 2 (2024): 326–337.
Tombeu, Sarna Jaya, Melly Vidia, dan Melly Vidia Wati Padjalo. “Integrasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Kristen dan Dampaknya Terhadap Spiritualitas Mahasiswa Teologi.” Orthotomeo: Jurnal Penelitian Ilmiah 2, no. 1 (2025): 31–51.
Wahnon, Sultana. “On Interpretation in Barthes: Towards a Plural Hermeneutics.” RILCE 35, no. 1 (2019): 17–42.
Develop a Conceptual Model in Welz, Claudia, Essi Ikonen, dan Aslaug
Qualitative Research.” International Journal of Qualitative Methods 22 (2023):
–18.
Pantan, Frans. “Humanistic and inclusive
Christian education: A framework for
Kristiansen. “Learning through Listening and Responding: Probing the Potential and Limits of Dialogue in Local and Online Environments.” Religions 14, no. 241
(2023): 1–20.
learning transformation.” HTS Teologiese Yew, Elaine H.J., dan Karen Goh. “Problem-
Studies/Theological Studies 81, no. 1
(2025): 1–7.
Raider-Roth, Miriam, dan Elie Holzer.
Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning.” Health Professions Education 2, no. 2 (2016): 75–
http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.00 4.
Yoon, So Hee. “A Meta-Analysis of Cognitive and Affective Outcomes of Havruta Learning.” Journal of Curriculum and Teaching 12, no. 1 (2023): 85–99.



