PENDALAMAN ALKITAB UNTUK PERTUMBUHAN IMAN REMAJA USIA 12-17 TAHUN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendalaman Alkitab terhadap pertumbuhan iman remaja berusia 12-17 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah studi Pustaka, literatur dan buku-buku referensi. Remaja yang secara konsisten terlibat dalam pendalaman Alkitab cenderung memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang iman mereka, hubungan yang lebih erat dengan Tuhan, dan perilaku yang lebih konsisten dengan ajaran Alkitab. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan pendalaman Alkitab secara teratur dalam program pembinaan remaja di gereja untuk memperkuat iman mereka dan membentuk karakter yang kokoh. Remaja masa kini memiliki banyak ke rentanan dan masalah-masalah yang mengancam masa depannya. Masalah-ma-salah remaja yang dihadapi saat ini misal-nya meningkatnya jumlah remaja dengan kenakalan dan perilaku terlalu berat. Sejatinya gereja di tuntut ikut terlibat dalam memikirkan pertumbuahan iman remaja di masa ini.
Referensi
Daftar Pustaka
Candra Nugraha Wati. “PRINSIP Pemuridan Dalam Pendidikan Agama Kristen Dan Implementasinya Pada Remaja Di Era Digital.” Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari, Indonesia 2 (2022): 1–9.
Diananda, Amita. “Psikologi Remaja Dan Permasalahannya.” Journal Istighna 1, no. 1 (2019): 116–133.
Djami, Marla Marisa. “Pencarian Identitas Diri Dan Pertumbuhan Iman Remaja.” STAKN Kupang (2014): 1–20.
Harefa, Mangali. “Peranan Gereja Mengatasi Kekerasan Yang Dialami Remaja Dalam Keluarga.” Magnum Opus: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 1, no. 2 (2020): 112–125.
Hutabarat, Christiani, Bobby Putrawan, Sekolah Tinggi Teologi Widya Agape, Sekolah Tinggi Teologi STAPIN Majalengka, and Jawa Barat. “Pengantar Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga Kristen Volume 11, No 2, Januari 2021 (84-94) e-ISSN:” Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 84–94.
Nugroho, Yosafat, Heru Cahyono, Jannes E Sirait, and George Tapiheru. “Strategi Pembinaan Warga Gereja Bagi Pemuda Di GBI Eben Heazer.” Matheo: Jurnal Teologi/Kependetaan 9, no. 2 (2019): 55–70.
Nuhamara, Daniel. “Pembimbing PAK (Pendidikan Agama Kristen).” Jurnal Of Media. UKI Jakarta, 2007.
Nurbayani, Nurbayani. “Pembinaan Iklim Kasih Sayang Terhadap Anak Dalam Keluarga.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 5, no. 1 (2019): 59.
Pratama, Denny dan Sari, Yanti Puspta. “Karakteristik Perkembangan Remaja.” Edukasimu.org 1, no. 3 (2021): 1–9.
Pratisti, Wiwien Dinar. “Peran Kehidupan Emosional Ibu, Budaya Dan Karakteristik Remaja Pada Regulasi Emosi Remaja.” Prisiding Seminar Nasional Psikologi Islam (2012): 116–130.
Riana Udurman Sihombing, Rahel Rati Sarungallo. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen Menurut Ulangan 6:6-9.” Jurnal Kerusso 4 No. 1, No. 1 (2019): 35.
Rulmuzu, Fahrul. “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5, no. 1 (2021): 1–8.
Saputro, Khamim Zarkasih. “Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 17, no. 1 (2018): 25.
Sibarani, Yosua. “Peran Orang Tua Dalam Mewariskan Iman Bagi Dalam Era Revolusi Industri 4 . 0.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 14–33.
Solida Situmorang, M.Pd.K. “Desain Pengajaran Yang Alkitabiah.” Jurnal Psikologi Udayana 3, no. 3 (2016): 542–550.
Yunardi Kristian Zega. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (2020): 140–151.