PERAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI DITINJAU DARI (YOHANES 13 AYAT 15).

Penulis

  • Yusak Ndun STT Pelita Hati Denpasar
  • Jane Saudila sttpelitahati

Kata Kunci:

Keteladanan, Guru Pendidikan Agama Kristen, Karakter, Yohanes 13:15,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam pembentukan karakter peserta didik, dengan tinjauan Yohanes 13:15. Ayat ini menekankan pentingnya teladan Kristus dalam kehidupan para pengikut-Nya, yang relevan dalam konteks pendidikan, khususnya dalam mendidik karakter perserta didik. Keteladanan guru PAK menjadi faktor strategis dalam membentuk nilai-nilai kristiani seperti kasih, kejujuran, kerendahan hati, dan tanggung jawab dalam diri peserta didik. Penelitian ini menegaskan bahwa keteladanan guru PAK memiliki dampak transformatif dalam membentuk karakter peserta didik, sebagaimana diteladankan oleh Yesus dalam Yohanes 13:15.

Referensi

Alkitab Petrus 2: 21 (TB) Alkitab LAI

Alkitab Kejadian 1:28 (TB) LAI

Andrianti, S. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 232-249.

Bahapol, E., & Singal, Y. (2020). Mendidik Untuk Kehidupan Berdasarkan Kompetensi Guru Kristen Di Indonesia (Education For Life Based On Christian Teacher Competence In Indonesia). QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, 2(1), 62-85.

Barclay, W. (2000). New testament words. Westminster John Knox Press.

Christofer, F., & Irawati, W. (2022). Peran guru Kristen dalam membentuk pemahaman siswa tentang penciptaan alam semesta yang bersumber pada Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 177.

Damanik, C. Y. O., & Saragih, O. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Nilai-nilai Spiritual Siswa di Indonesia. Jurnal Trust Pentakosta, 1(1).

Djadi, J., & Thomassoyan, Y. C. (2011). Kepemimpinan Yesus Kristus Menurut Injil Sinoptik Dan Relevansinya Terhadap Kepemimpinan Rohani Masa Kini. Jurnal jaffray, 9(1), 60-85.

Dwi Laksana, S. (2015). Urgensi pendidikan karakter bangsa di sekolah. Jurnal Muaddib, 5(02).

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di kalangan siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390-9394.

Giawa, N. (2019). Serving Others: Keteladanan Pelayanan Yesus Kristus Berdasarkan Yohanes 13. Integritas: Jurnal Teologi, 1(1), 54-65.

Giawa, N. (2019). Serving Others: Keteladanan Pelayanan Yesus Kristus Berdasarkan Yohanes 13. Integritas: Jurnal Teologi, 1(1), 54-65.

Hariyani, M. (2013). Strategi pembelajaran matematika madrasah ibtidaiyah berintegrasi nilai-nilai Islam. Menara Riau, 12(2), 150-155.

Hasugian, D. H. M., & Saragih, O. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Agama Kristen Anak di Era Digital. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik, 3(1), 141-155.

Indonesia, R. Sumbangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Watak Bangsa Oleh Sigit Dwi Kusrahmadi Abstaks.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28-40.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28-40.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28-40.

Ismail, A. (2005). Selamat Mewaris (33 Renungan Tentang Pusaka Hidup). Papanya.

Lahagu, A. (2020). Peran PAK Dalam Membangun Karakter Remaja Sekolah Menengah Pertama.

Legi, H. (2021). Implikasi Metode mengajar bagi guru pendidikan agama kristen. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 12-24.

Lestari, R. A., & Deak, V. (2023). Peran Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berdasarkan Yohanes 13: 12-15. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 178-188.

Lukas 10:27 (TB) LAI

Lumbantobing, L. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pendidik Moral Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 1(1), 140-155.

Mamarodi, R. S. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Kajian Pendidikan Karakter (Doctoral dissertation, Program Studi Teologi FTEO-UKSW).

Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100-115.

Mazmur 8:6-8 (TB) Alkitab LAI

Matius 11:29 (TB) Alkitab LAI

Mbeo, E. T., & Krisdiantoro, A. B. (2021). Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17-29.

Mukino, M., Purnomo, E., & Suntoro, I. (2016). Penerapan Model Moral Reasoning untuk Membentuk Moralitas dan Karakter Siswa pada Pkn. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 4(1).

Munte, B. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(3), 125-138.

naibaho, d., & hutasoit, e. R. (2025). Jurnal membangun profesional guru pendidikan agama kristen melalui penerapan kode etik berdasarkan ajaran alkitab dalam bentuk paragrap. Jurnal pendidikan sosial dan humaniora, 4(1), 425-431.

Non-Serrano, J. B. (2017). Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti: buku guru SMP/MTs kelas VII.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Rantesalu, S. B. (2020). Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai dan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3(2), 214-229.

Rusdiana, E. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 231-236.

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter, spritual, moralitas dan rohani peserta didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 162-178.

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter, spritual, moralitas dan rohani peserta didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 162-178.

Saputra, A., Saputra, R., & Aristawati, A. (2023). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa.

Setiawan, A. (2017). Peran Guru Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara (Bachelor's thesis, Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Sidjabat, B. S. (2009). Mengajar secara profesional. Kalam Hidup.

Sidjabat, B. S. (2019). Penguatan guru PAK untuk pendidikan karakter: Melihat kontribusi seri selamat. Evangelikal.

Sidjabat, B. S. (2019). Penguatan guru PAK untuk pendidikan karakter: Melihat kontribusi seri selamat. Evangelikal.

Solana, M. R., & Mustika, D. (2023). Peran kepala sekolah sebagai leader dalam pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406-418.

Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9-18.

Tan, J. A., Agata, K., Sabadnugroho, S., Liantoro, L., & Soenjaya, L. (2023). Peran Administrasi Dan Manajemen Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Dasar. Indonesia Journal of Religious, 7(1), 29-44.

Tanduklangi, R. (2020). Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28: 19-20. PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 47-58.

Telaumbanua, A. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 115-129.

Telaumbanua, A. (2020). Profil Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pemimpin Yang Melayai. Jurnal Teruna Bhakti, 3(1), 48-61.

Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma baru pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Tindagi, M. G. K. (2016). Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru Pak). Missio Ecclesiae, 5(1), 1-21.

Tjahjadi, D. R. (2017). Pendidikan Agama Kristen yang Membentuk Karakter. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Tobing, N. F. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(1).

Umasugi, H. (2020). Guru sebagai motivator. JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 29-38.

Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. Uad Press.

Wiranto, W., Sababalat, L., & Tapilaha, S. R. (2024). Guru pendidikan agama Kristen memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada peserta didik di sekolah. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, 2(2), 01-10.

Yohanes 13:1-15 (TB) Alkitab LAI

Yohanes 14:6 (TB) Alkitab LAI

Yohanes 8:2-11 (TB) Alkitab LAI

Yohanes13:13 (TB) Alkitab LAI

Zega, Y. A., & Zai, E. (2025). Memetakan Nilai-Nilai Pendidikan Kristen Dalam Merespons Sikap Apatisme Bagi Generasi Alpha. Metanoia, 7(2), 82-99.

Diterbitkan

2025-07-17

Cara Mengutip

Ndun, Y., & Saudila, J. (2025). PERAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI DITINJAU DARI (YOHANES 13 AYAT 15). EUNOIA Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen , 2(1), 25–46. Diambil dari https://jurnal.pelitahati.ac.id/index.php/home/article/view/48

Terbitan

Bagian

Articles