PERANAN GURU PAK SEBAGAI PENGINJIL TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN PESERTA DIDIK KRISTEN

Authors

  • Jane saudila sttpelitahati
  • Martinus STT Pelita Hati

Keywords:

Penginjilan, Bertumbuh, Iman

Abstract

Amanat Agung Tuhan Yesus merupakan tugas untuk memberitakan Injil ke seluruh penjuru dunia yang harus menjadi tanggung jawab setiap orang percaya. Perintah itu tidak hanya diberikan kepada para rasul dan para pengikut Yesus pada saat Dia memberikan amanat-Nya. Pada saat sekarang ini siapapun yang percaya Yesus adalah Tuhan dan mengakui-Nya sebagai Juruselamat yang tunggal  wajib  turut  andil  dalam melaksanakan  amanat  ini.  Terlebih lagi bagi guru Pendidikan Agama Kristen; mereka adalah ujung tombak dalam memberitakan Injil di dalam dunia pendidikan.  Guru PAK tidak hanya melaksanakan tugas kewajiban akademis saja. Sebagai agen penginjilan guru harus mampu menjelaskan apakah Injil itu dan memotivasi peserta didik untuk percaya dan menerima berita Injil tersebut.  Setelah peserta didik menerima dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, guru harus tetap terlibat dan selalu mendampingi murid untuk bertumbuh dalam imannya. 

Kata kunci: Penginjilan, Bertumbuh, Iman

References

Arikunto. (2010). Analisa dan Penyajian Data. Bandung: Alfa Omega.

Bangun, Yosafat. (2012). Integrasi Pemimpin Pastoral. Yogyakarta: ANDI Offset

Haryati Mimin. (2010). Model dan Teknik Penilaian Pada tingkat Satuan Pendidikan. Jakarata: Gaung Persada

Homrighausen dan Enklaar. (2011). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia

Harianto GP. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Andi

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1996). Tentang prestasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Kristanto. (2010). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakartan: Andi.

Moekijat. (2009). Pendidikan Untuk pembangunan Nasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa H.E. (2003). Menajadi Kepala Sekolah Pofesional: Dalam konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa H.E. (2009). Implementasi KTSP dan Kemandirian Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Nainggolan Jhon, M. (2007). Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media.

Nainggolan Jhon. M. (2009). Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi.

Nuhamara Daniel. (2008). Pendidikan Agama Kristen Remaja. Bandung: Jurnal Info Media.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setiawan Go Mary. (2000). Pembaruan Mengajar. Bandung: Yayasan kalam hidup

Sumantri Mulyani. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono (201). Penelitian Data, Bandung: Alfa Beta.

Sidjabat B.S. (1993). Mengajar Secara Propesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sidjabat B.S. (2000). Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi.

Sidjabat B.S. (2011). Mengajar Secara Propesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sanjaya Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumiyatiningsih Dien. (2006). Menagajar dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: Andi Offset

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Pendidikan Nasional.

Internet

Published

2025-01-21

How to Cite

saudila, J., & Martinus. (2025). PERANAN GURU PAK SEBAGAI PENGINJIL TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN PESERTA DIDIK KRISTEN. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Eunoia, 1(2), 81–97. Retrieved from https://jurnal.pelitahati.ac.id/index.php/home/article/view/25

Issue

Section

Articles